RSS

Trik membuat alat penghemat listrik sederhana

Sebelumnya saya pernah share Pernahkah anda mendengar alat penghemat listrik?apakah benar ada alat penghemat listrik? jawabannya adalah Ya, ada! alat ini biasanya tersedia di toko elektronik tertentu saja dan harganya pun cukup menguras kantong anda. apalagi jika penjualnya adalah agen sales dimana produknya adalah berupa alat penghemat listrik yang di MLM-kan. Kali ini kita bisa membuat sendiri dengan harga yang jauh lebih murah...

Lalu bagaimana cara kerja alat penghemat listrik ini sampai bisa 'menghemat listrik' ?? apa sebenarnya yang di 'hemat'?? mungkin anda masih bingung tentang hal ini. intinya alat ini benar-benar bisa menghemat pemakaian listrik di rumah anda dari 10-25%. Cara kerja alat ini adalah hanya mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC yang akan terbaca pada alat ukur pengukur kilometer di rumah anda. Tahukan benda besar yang menempel di dinding luar rumah anda dan di atasnya seperti ada cakram yang berputar?? Nah, alat tersebut akan bekerja jika ada beban AC melintas melalui sensor berupa kumparan kawat untuk mengukur besarnya arus AC yang melewatinya. Atau teori ilmiahnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mereduksi sebesar mungkin puncak (peak dari besaran kurva AC (sinus-cosinus) agar terbaca sedemikian rendah.
Dalam dunia teknik elektro (karena saya adalah lulusan elektro), komponen yang berpengaruh terhadap arus AC adalah kondensator atau kapasitor dan lilitan atau induktor. yang dapat anda lakukan adalah mamfilter arus AC tersebut sebelum memasuki jaringan listrik di rumah anda. cara ini legal dan di perbolehkan oleh PLN sendiri karena kita sama sekali tidak akan mencuri sedikitpun listrik sebelum meteran penghitung arus yang menenpel di dinding luar rumah anda.
Lalu bagaimana cara membuatnya?? Buat seperti skema berikut ini...
Buat rangkaian di atas pada box plastik yang kuat dan pada. lebih baik dicor dengan gip's atau semen agar daya panasnya terbuang dengan baik. Selanjutnya hati-hati jangan ada kabel listrik yang kena terhadap kaleng tersebut atau anda akan tersengat listrik. lalu hanya kabel ground atau masa (jika ada) yang di hubingkan dengan kaleng. semakin dekat letak pemasangan alat dengan kilometer maka semakin optimal kinerjanya. kemudian gunakan kapasitor dengan kualitas yang bagus, yang lebih mahal lebih baik (harganya sekitar 30 ribuan). untuk SW adalah MCB yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi korsleting akibat kapasitor.

Rangkaian diatas sangat mudah dibuat. jadi tidak ada alasan untuk tidak membuatnya. sekalian belajar.. dan... buktikan sendiri khasiatnya, dengan pemakaain daya rutin yang relatif sama. anda bisa merasakan penghematan sekitar 25%.

Jika ada kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan silakan share disini. Selamat Mencoba :D

sumber : kopenx.blogspot.com

Di blog ini saya akan share Aplikasi  secara Cuma2 alias gratis karena semua yang mw anda download disini semuanya GRATIS..
atau anda ingin melihat software yang kerenn dan tentunya up to date alias terbaru silahkan KLIK DISINI
DOWNLOAD Virtual DJ 7 Pro


SeMoGa BeRmAmfaAt.... :) INFO : Buat sobat blogger yang suka dengan artikel saya, silahkan anda share di mana saja anda suka (blog, facebook, twitter dll). Namun, bila berkenan mohon cantumkan link sumber dari artikel yang sobat blogger share (copy/paste). Mari bangun Indonesia lebih baik lagi, dengan berbagi informasi yang bermanfaat. Terima kasih,,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

rabi Jehovah mengatakan...

banyak komentar ahli hitung fisika kok meyatakan sebaliknya, bukan menghemat tapi justru menambah beban. tolong komentar anda

Poskan Komentar

sponsor